Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend M Jusuf
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang Di Website Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend. M Jusuf Makassar
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend. M Jusuf
  • 3 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Resmi Masjid Al-Markaz Al-Islami Jend. M Jusuf Makassar
senin - minggu :

Optimalisasi Fungsi Mesjid Sebagai Pusat Peradaban Islam /Prof.Dr.H.Abd.Rahim Yunus, MA/Al Markaz

Optimalisasi Fungsi Mesjid Sebagai Pusat Peradaban Islam /Prof.Dr.H.Abd.Rahim Yunus, MA/Al Markaz

Khotbah Jumat 31 Januari 2020
Mesjid Al Markaz Islami

 Optimalisasi Fungsi Mesjid Sebagai Pusat Peradaban Islam

Oleh

Prof.Dr.H.Abd.Rahim Yunus, MA

Hadirin yg saya hormati
Peradaban Islam memiliki dua fungsi utama, yaitu membentuk pribadi manusia yg berakhlak mulia, انما بعثت لانكم مكارم الاخلاق dan kedua membangun kehidupan yg rahmatan lilalamin وما ارسلناك الا ظرحمة للعالمين . Salah satu ukuran akhlak mulia seseorang apabila iman yg dimiliknya menjadikannya ia senantiasa memperlakukan orang lain apa yg ia sendiri menyukainya لا يؤمن احدكم حتى يحب لأخيه ما يحب لنفسه ، dan salah satu ukuran sebagai pribadi Rahmat lilalamin apabila dia berguna terhadap orag. lain خير الناس انفعهم لغيره.
Ketika Rasulullah berada di Kota Yasrib lalu berganti nama menjadi kota Madinah yg seakar kata dg kata تمدن yg artinya peradaban maka yg pertam dibangun Rasulullah untuk membangun التمدن atau “peradaban” adalah mesjid, yg diantar fungsinya sebagai sarana tempt bagi hanba menjalin hubungan dg Tuhannya dan menjalin dengan sesamanya حبل من الله و حبل من الناس ، dan dua arah hubungan hanba ini merupakan perintah agama sebagaimana firman Allah واعتصموا بحبل الله جميعا ولا تفرقوا . Selama manusia tdk memperbaiki hubungan dg Tuhan serta hubungan dengan sesama makhluk Nya, sudah pasti mereka tdk akan sukses membangun peradaban atau تمدن. Bahkan menurut Al Qur’an termasuk kategori الذلة atau hina, ضربت عليهم الذلة اينما ثقفو ا الا بحبل من الله وحبل من الناس. Krena itu, tidaklah cukup hanya shalat yg bagus tetapi hubungan dg sesam tidak bagus, atau sebaliknya.
Fungsi utama laiin daripada Mesjid pada masa Nabi adalah, Nabi mejadikannya sebagai pusat dakwah. Dakwah beliau disampaikan dengan penuh hikmah, santun dan ramah, bermuatan nasehat nasehat yg baik, baik materinya, Al Qur’an menyebutkan hal itu dalam Arah Al Nahl yg berbunyi ادعوا إلى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتى هي احسن . Nabi terdahulupun melakukan hal itu. Dikisahkn dalam Al Qur’an bahwa Nabi Musa diperintahkan menghadapi Firaun yg zalim deng santun dan ramah. اذهبوا إلى فرعون فإنه طغى فقولا قولا لينا. Nabi Ibrahim yg dimaskkan kedalam api juga masi membukakan pintu ampunan kepada umatnya, sebagaimana pengaduan Nabi Ibrahim kepada Allah : وان تعذبهم فإنهم عبادك وان تغفر لهم فإنك غفور رحيم

Beragama sesungguhnya adalah hidayah demikian banyak disebutkan dalam ayat ayat Al Qur’an, yg diantaranya menyatakan أن الله يهدي من يشاء ويضل من يشاء ، Dalam dakwahnya di Mekkah, Nabi Muhammad medapat tantangan berat, ketika di Thaif ia dilemparii batu, namun ia masih tetap berdoa اللهم اهدى قومي فإنهم لا يعلمون، dan ketika pamannya Abu Thalib sampai akhir hayatnya tidak mengucapkan dua kalimat syahdat, dan Nabi besedih karena meskipun pamannya tidak mengikuti ajarannya, ia tetap memiki bantuan kepad kemanakannya Muhammad dalam menyebarkan Islam pada masa masa genting itu. ia membelanya, dan Muhammad tetap bersamanya. Menurut sebaggian mufassir hal itulah yg menjadi اسباب النزول turunnya firman Allah yg berbunyi انك لاتهدى من احببت ولكن الله يهدي من يشاء.

Untuk hubungan harmonis antar sesama pengikutnya yg berbeda asal daerah suku adat dan tradisi Nabi menggunakan mesjid sebagai sarana mempersaudarakanya, antara kaum Muhajirin dan kaum anshar, dan juga membangun kerjasama dg umat lain yg beda agama , dengan membuat perjanjian kesepakatan untuk hidup rukun dan damai tanpa dibatasi perbedaan agama. Dalam kitab sejarah dijumpai naskah perjanjian antara Nabi dengan warga Madinah termasuk umat Yahudi, yaitu membangun kerjasama yang saling membantu melindungi Madinah jika ada musuh.

SebelumnyaURGENSI MEMAHAMI LATAR BELAKANG HISTORIS ASBAB AL- WURUD SEBUAH HADIS/Prof.Dr.H.AHMAD M SEWANG, MA./AL MARKAZ SesudahnyaOptimalisasi Fungsi Masjid sebagai Pusat Peradaban Islam

Tausiyah Lainnya